Senin, 15 September 2014

My Lovely Cottage

Pondok Pesantren Darul 'Ulum Peterongan (Jombang)

"Deretan gedung yang berdiri kokoh dihamparan tanah seluas kurang lebih 42,5 hektare ini merupakan suatu badan pendidikan islamyang berada di salah satu sudut kota yang tepatnya berlokasi di desa Rejoso, kecamatan Peterongan, Jombang.
Pesantren yang dirintis pertama kali oleh KH. Tamim Irsyad pada tahun 1885 ini dengan upaya serta kerja keras sehingga terwujudlah salah satu lembaga pendidikan islam yaitu Pondok Pesantren Darul 'Ulum (Rejoso) yang secara bahasa Darul berarti Gudangsedangkan 'Ulum, jamak dari ilmu yang berarti ilmu-ilmu, sehingga secara garis besar Darul 'Ulum memiliki arti “Gudangnya Ilmu-ilmu”, yang filosofinya tampak jelas dalam nama pondok pesantren tersebut. Sehingga, sampai detik ini Pondok Pesantren Darul 'Ulum (Rejoso) masih dipercaya untuk mengayomi para santri dari penjuru Nusantara".

 Itu sedikit kutipan dari wikipedia tentang Pondok Pesantren yang telah menjadi saksi pertumbuhan kehidupan saya selama 6 tahun terakhir. Dimulai dengan pertama kalinya saya menginjakkan kaki ketika berusia 12 tahun, rasa ikhlas dalam hati untuk tinggal jauh dari orang tua dan mengemban tanggung jawab dari orang tua tersebut sangat saya rasakan. Sama sekali tidak ada keterpaksaan dalam diri saya. Dan memang terbayar. Saya sangat mengerti akan arti kebersamaan, persahabatan, kekeluargaan, kekompakkan, dan juga dapat merasakan penderitaan orang-orang yang "kekurangan". Saya mengenal banyak sekali orang-orang luar biasa di sana :') 
Ilmu yang saya dapatkan juga sangat luar biasa, yang mungkin tidak akan saya dapatkan di dunia luar. apa itu kitab kuning, nahwu shorof, istighosah, ro'an, muhadoroh, dan masih banyak lagi. Tidak hanya masalah keagamaan, Darul 'Ulum (DU) pendidikan formalnya juga tidak kalah dengan sekolah-sekolah di luaran sana. Ada sekitar kurang lebih 15 unit sekolah tingkat SLTP dan SLTA, dan ada pula perguruan tinggi di sana. Sekolah taraf Internasional dan Adiwiyata juga ada. Pondokku sangat luaarrrr biasaaaa :D 




Sekian dulu aja cicit cuit dari saya. Kapan-kapan lagi saya posting lanjutannya atau apapun lah. Ini laptop mau dipake ama yang punya. Nulis ini aja soalnya ada tugas sekaligus promosi DU (tau deh ngena di ati pa kagak). Ini juga saya kasih beberapa gambar
ini masjid poin (pondok induk) yang tiap dhuhur asar anak smusa ikutan jamaah disini. EEC sama pengajian juga disini :')
ini dulunya masih ada, tapi g tau kok tiba-tiba ngilang aja semenjak flyover dibangun. Buat tumbal mungkin ya *ups ^^V
ini smp gue men :D berani jamin satu-satunya Sekolah Menengah Pertama Negri yang ada dibawah naungan Pondok Pesantren dengan predikat Adiwiyata pula :D buangga rek
nah disini nih tempat terakhir mengukir kenangan (ecie bahasanyua). gila-gilaan deh disini. dan mengerti akan detik-detik terakhir perpisahan :') *meskipun sekarang kuliah tetep ketemu tu muka orang-orang :D




Okelah adiooosss kakaaaaa

Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar